Sabtu, 02 November 2013

Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan - 5

Direct Manipulation and Virtual Environments 
 
Direct Manipulation 
karakteristik manipulasi langsung adalah penyajian langsung aktifitas sistem pada pengguna ketika pengguna memberi instruksi langsung (semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan dilayar) maka dikerjakan langsung oleh sistem komputer.



Contoh dari Direct Manipulation
- SPREADSHEET : Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris yang mendukung makro atau baris.  Contohnya adalah  MS. Excell, Open Office Calc.

- VIDEO GAMES : Bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung  terlihat . Contoh  : Playstation, Nitendo Wii, Xbox.

- COMPUTER – AIDED DESIGN : Digunakan untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang. Aplikasi ini menyenangkan karena dapat digunakan untuk objek yang ingin dimanipulasi secara langsung. Berhubungan : Computer-Aided Manufacturing (CAM).

Prinsip Direct Manipulation 
- Representasi terus menerus dari objek dan tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
- Tindakan fisik atau menekan tombol berlabel, bukan sintaks yang kompleks. 
- Cepat, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.


Permasalahan Pada Direct Manipulation
Beberapa permasalahan pada Direct Manipulation :
 - Flow chart yg tinggi dan skema databes yg panjang yg bisa membuat bingung
 - Pengguna haru belajar representasi grafis
 - Representasi visual yg dapat membingungkan



Virtual Environments
sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.

Keuntungan Penggunaan Dialog Berbasis Manipulasi Langsung
Keuntungan :

  • Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata. 
  • Mengurangi waktu pembelajaran. 
  • Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata. 
  • Penampilan visual yang bagus. 
  • Mudah dioperasikan.  
  • Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung
Kerugian :
  • Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
  • Memerlukan tampilan grafis ber-kinerja tinggi. 
  • Memerlukan piranti masukan seperti mouse, track ball.
  • Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Interface-Building Tools
Visual Thinking dan Icon
Sifat visual komputer dapat menantang generasi pertama dari hacker.
Ikon adalah gambar, gambar, atau simbol yang mewakili konsep.
Pedoman Icon-spesifik :
- Mewakili objek atau tindakan dengan cara yang familiar
- Batasi jumlah ikon yang berbeda
- Membuat ikon berdiri keluar dari latar belakang 
- Pertimbangkan ikon tiga dimensi
- Pastikan ikon yang dipilih terlihat dari ikon yang tidak dipilih
- Desain animasi gerakan 
- Tambahkan informasi rinci
- Jelajahi kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau tindakan baru

3D Interfaces  
Dalam interaksi pengguna 3D (3DUI) atau user interface 3D (3DUIs) manusia berinteraksi dengan komputer dengan aspek ruang tiga dimensi. Dengan akarnya dalam virtual reality, 3DUI kini secara luas dianggap untuk merujuk kepada banyak domain yang berbeda sepanjang kontinum virtuality atau istilah umum untuk interaksi dalam antarmuka berbasis realitas.

Fitur untuk 3D yang efektif
- Gunakan oklusi, bayangan, perspektif, dan teknik 3D lainnya dengan hati-hati.
- Minimalkan jumlah langkah navigasi bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.
- Jauhkan teks yang dapat dibaca.
- Hindari kekacauan yang tidak perlu visual, gangguan, perubahan kontras, dan refleksi.
- Menyederhanakan gerakan pengguna.
- Mencegah kesalahan.
- Menyederhanakan gerakan objek
- Mengatur kelompok item dalam struktur selaras untuk memungkinkan pencarian visual yang cepat.
- Memungkinkan pengguna untuk membangun kelompok visual untuk mendukung ingat spasial.

Tahapan Dasar Pada 3D 
3D komputer grafis penciptaan jatuh menjadi tiga tahap dasar:
- 3D modeling 
3D modeling adalah proses mengembangkan matematika representasi dari setiap tiga-dimensi benda (baik benda mati atau hidup) melalui perangkat lunak khusus. Produk ini disebut sebagai model 3D. Hal ini dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering atau digunakan dalam komputer simulasi fenomena fisik. Model juga dapat secara fisik dibuat menggunakan perangkat Printing 3D.
Model dapat dibuat secara otomatis atau manual. Manual proses pemodelan geometris mempersiapkan data untuk komputer grafis 3D mirip dengan seni plastik seperti mematung.
 
- Layout dan animasi
Layout meliputi: sudut penataan kamera, lighting, dan shading.
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.
- Rendering 3D
3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.

  
Virtual and Augmented Reality 
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.

Augmented adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar