Menu cara untuk menyajikan petunjuk yang
tersedia bagi pengguna.
Form
Fill-in adalah sistem interaktif untuk meminta data
atau informasi dari pengguna.
Dialog
box merupakan respon dari sistem interaktif setelah pengguna memberikan instruksi yang
membutuhkan
parameter.
Single
Menu
- Binary
menu: Satu dari
dua pilihan
•Mnemonic letters
Photo akan ditampilkan berdasarkan
H = Hitam dan Putih
W = Warna
Pilih huruf pilihan Anda ?
•Radio button
•Button choices
- Multipel items menu, menampilkan banyak pilihan dengan menggunakan teknik-teknik seperti scrollbar, pulldown menus and pup up menus: dilihat dari cara permunculannya
di layar.
Contoh :
*Multiple-item
menus
Drive A tidak terbaca ?
Abort, Retry, Ignore, Fail ?
Abort, Retry, Ignore, Fail ?
*Multiple-selection
menus
or check boxes
*Scrolling
and two-dimensional menus
*Singel Menu : Pull down dan pop up
* Embedded
links
* Iconic
menus, toolbars, or palettes
TREE-STRUCTURED MENUS
Ketika kumpulan item
berkembang dan menjadi sulit dipelihara dalam kendali intelektual, perancang dapat membentuk kategori
item-item yang serupa, membentuk struktur tree.
Contoh pengelompokan:
–Laki-laki, perempuan
–Hewan, sayuran,
mineral
–Fonts,
size, style, spacing
Pengelompokan semantik:
–Kelompokkan
item-item yang serupa secara logis.
–Bentuk kelompok yang
melingkupi semua kemungkinan.
–Gunakan peristilahan yang
dikenal.
Acyclic dan
Cyclic Menu Networks
Digunakan pada
hypertext, seperti www dimana potensi untuk tersesat meningkat
Kadang-kadang lebih cocok daripada struktur
tree. Memungkinkan jalur dari bagian tree
yang berbeda, tidak mengharuskan pemakai memulai dari menu
utama. Biasanya terdapat pada kutipan dalam jurnal ilmiah
Cyclic Network : ktia bisa kembali ke menu sebelumnya dengan meng-klik simbol atau icon tertentu. misalnya : facebook (ketika kita memilih sebuah icon yang bergambar | f | maka kita akan kembali ke home facebook kita.
Acyclic Network : kebalikan dari Cyclic Network, kita tidak bisa kembali ke menu sebelumnya kecuali dengan meng-klik simbol back / undo dari browser kita.
Bergerak Pada Menu
dengan Cepat
Menu dengan typeahead
tidak perlu menunggu menu
selesai ditampilkan untuk memilih
menu, dapat langsung mengetikkan serangkaian karakter dari menu
utama. Pilihan-pilihan dapat digabungkan menjadi suatu perintah mnemonic.
Contoh :
menu pada handphone
Nama menu
untuk akses langsung
Skema penamaan yg memungkinkan pemakai mengakses tujuan secara langsung.
Contoh : jump pada winamp, bookmark pada web browser
Menu Macros : Merekam jalur menu
yang sering digunakan sebagai perintah buatan sendiri. Di
define
oleh
user.
Perancangan Menu
Pedoman Perancangan Menu
:
- Gunakan task
semantic
- Lebih baik lebar dan dangkal daripada sempit dan dalam
- Tunjukkan posisi dengan gambar, angka, atau judul
- Gunakan pengelompokan item
yang berarti
- Tampilkan item
dengan singkat
- mulai dengan
keyword
- Gunakan tata bahasa, tata letak, dan peristilahan yang
konsisten
- Sediakan typeahead dan
shortcut lainnya
Data
Entry -
Form Fill-in
Bermanfaat untuk banyak data
dimasukkan :
- Lengkap informasi dapat dilihat oleh pengguna.
- Tampilan menyerupai bentuk familiar dengan form yang biasa di kertas
- Beberapa instruksi diperlukan untuk jenis entri tertentu.
- Lengkap informasi dapat dilihat oleh pengguna.
- Tampilan menyerupai bentuk familiar dengan form yang biasa di kertas
- Beberapa instruksi diperlukan untuk jenis entri tertentu.
- Keyboard
- Penggunaan tombol TAB atau mouse untuk memindahkan kursor
- Metode koreksi kesalahan
- Makna Field-label
- Syarat ketentuan pengisian
- Penggunaan tombol ENTER dan / atau RETURN
Pedoman
mendesain form fill-in:
– judul
yang bermakna
– instruksi
yang mudah dipahami
– Pengelompokan
logis dan sekuensing bidang
– Tata
letak visual menarik dari bentuk
– Field-label
yang familiar
– Konsisten
menggunakan kata / singkatan
– Terlihat
Ruang dan bounderies untuk bidang data-entry
– Gerakan kursor Nyaman
– Koreksi kesalahan untuk karakter
individu dan seluruh bidang
– Pencegahan kesalahan di mana
mungkin
– Pesan kesalahan untuk nilai-nilai
yang tidak dapat diterima
– Penandaan bidang yang diperlukan
– Penjelasan pesan untuk bidang
– Field
dengan
Format-specific biasanya nomor telepon, waktu, tanggal, mata uang
Contoh :
Dialog boxes
Dialog
boxes (kotak
dialog) adalah kombinasi teknik menu
dan formulir isian yang
banyak digunakan di
GUI (graphical user interface) modern.
Perlu diperhatikan:
– Tata letak
internal kotak
dialog – Hubungan eksternal kotak dialog
Pedoman Tata
Letak
Internal Kotak
Dialog
- Judul berarti, gaya konsisten.
- Pengurutan dari atas kiri ke bawah kanan.
- Pengelompokan dan penegasan.
- Tata
letak yang
konsisten.
- Peristilahan,
font, penggunaan huruf besar, justifikasi yang
konsisten.
- Tombol standar (OK,
Cancel).
- Pencegahan kesalahan.
Pedoman Hubungan Eksternal Kotak
Dialog
- Dapat dibedakan tapi batasnya kecil.
- Ukuran cukup kecil (minimalkan
overlap).
- Mudah ditutup (dibuat menghilang).
- Jelas penyelesaian/pembatalannya.
contoh kotak dialog :
To be continue.. :)
For the next week issue "Interaksi Manusia dan Komputer - Pertemuan 7"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar