Selasa, 10 Desember 2013

Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan - 7

Interaction Devices
 

Keyboards and Keypads
 
Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapatangka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. 

Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.


Keypads
Keypad berarti Sebuah keyboard miniatur atau set tombol untuk operasi portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut "pad" yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya.

Keypad yang tersusun dari angka-angka biasanya disebut sebagai numeric keypad. Keypad juga banyak dijumpai pada alphanumeric keyboard dan alat lainnya seperti kalkulator, telepon, kunci kombinasi, serta kunci pintu digital, dimana diperlukannya nomor untuk dimasukkan.

CONTOH :

- QWERT Layout : QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan.

- DVORAK Layout : Dvorak adalah sebuah tata letak papan ketik yang dipatenkan tahun 1936 oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog.¨Meskipun gagal menggantikan tata letak QWERTY, Dvorak didukung oleh semua sistem operasi besar (Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dan BSD) dengan menyertakan akses bagi pengguna tata letak papan ketik ini di samping tata letak QWERTY.

- Additional keyboard issues : IBM keyboard PC secara luas dikritik karena penempatan beberapa tombol backslash utama di mana sebagian besar juru ketik mengharapkan tombol SHIFT penempatan beberapa karakter khusus dekat tombol ENTER, tata letak tombol angka, pergelangan tangan dan tangan penempatan

- Keyboard and keypads for small devices :
        - Wireless or foldable keyboards
        - Virtual keyboards
        - Cloth keyboards
        - Soft keys
        - Pens and touchscreens

Pointing Devices
Sebagai penunjuk perangkat, berlaku enam jenis tugas interaksi :
    - Select (Memilih)
    - Position (Posisi)
    - Path (Jalur)
    - Orient (Orientasi)
    - Quantify (Ukuran)
    - Text (Teks)

Direct-control pointing devices
   - Light-pen : Memungkinkan pengguna untuk menunjuk pada sebuah titik di layar dan melakukan pilih, posisi, atau tugas lainnya. Memungkinkan kontrol langsung dengan menunjuk ke sebuah tempat di layar
   - Layar sentuh : Memungkinkan sentuhan kontrol langsung pada layar dengan menggunakan jari
    desain awal yang dikritik karena menyebabkan kelelahan, tangan menutupi-the-screen, hand-off-Keyboard, tepat menunjuk, dan corengan akhirnya layar
  - Tablet PC dan Perangkat Mobile :
        - Aman ke titik pada permukaan LCD
        - Stylus
        - auhkan konteks dalam pandangan
        - Ambil dan meletakkan stylus
        - Gerakan dan tulisan tangan

Indirect Pointing Devices :
        - Mouse
        - Trackball
        - Joystick
        - Graphic Tablet
        - Touch Pad

Perbandingan perangkat penunjuk
Variable Faktor Manusia :
   - kecepatan gerak untuk jarak pendek dan panjang
   - akurasi posisi
   - tingkat kesalahan
   - waktu belajar
   - kepuasan pengguna

Variable lain :
   - biaya
   - daya tahan
   - kebutuhan ruang
   - berat
   - kiri dibandingkan penggunaan tangan kanan
   - kemungkinan untuk menyebabkan cedera berulang-regangan
   - kompatibilitas dengan sistem lain

Beberapa Hasil :
 -   perangkat menunjuk langsung lebih cepat, namun kurang akurat
 -   Tablet grafis lebi menakir jika jangka pemakaiannya lama tanpa menggunakan  keyboard
 -   mouse lebih cepat dari joystick isometrik
 -   untuk tugas-tugas yang mencampur mengetik dan menunjuk, tombol kursor lebih cepat dan lebih disukai oleh pengguna mouse
 -  Menggunakan otot lebih sedikit pada saat pemakaian mouse

Hukum Fitts : Model pergerakan tangan dalam menggerakkan kursor di tampilan. Ditemukan oleh Paul Fitts (1954). Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.

Speech and Auditory Interfaces
Voice information systems :
   - Ucapan menyimpan dan meneruskannya
   - Sistem adalah biaya rendah dan dapat diandalkan.
    -Pengenalan kata diskrit
    -mengenali kata-kata yang diucapkan oleh individu orang tertentu, dapat bekerja dengan 90 - untuk keandalan 98 persen untuk 20 sampai 200 kosakata kata
   - Pelatihan berbicara tergantung, di mana pengguna mengulangi kosakata penuh sekali atau dua kali
   - Berbicara tergantung pada sistem yang mulai cukup handal untuk aplikasi komersial tertentu.

Sistem Informasi Suara :
   - Biasa digunakan untuk memberikan informasi tentang lokasi wisata , layanan pemerintah
   - Biaya rendah
   - Petunjuk suara
   - Output suara kecepatannya rendah
   - Voice mail
   - Suara perekam
   - Buku audio
   - Sistem Instruksional

Audio tones, audiolization, and music

Feedback yang menggunakan sangat penting untuk :
  -  Mengkonfirmasi action yang telah dilakukan
  -  Memberikan warning / peringatan tentang aksi yang dilakukan / akan dilakukan
  -  Untuk pengguna yang mengalami kesusahan dalam penglihatan
   - Music digunakan sebagai pembangkit suasana / mood seperti di games
   - Memberikan sesuatu yang berbeda bagi pengalaman user / user experience


Display-Small and Large

Display adalah perangkat primer pengguna dalam berinteraksi dan mendapatkan feedback dari sistem / komputer.

Display memiliki banyak fitur penting yaitu:
   - Dimensi fisik (biasanya dimensi diagonal dan kedalaman)
   - Resolusi (jumlah piksel yang tersedia)
   - Jumlah warna yang tersedia, ketepatan warna
   - Luminance, kontras, dan kesilau
   - konsumsi daya
   - Refresh rate (cukup untuk memungkinkan animasi dan video)
   - biaya
   - kehandalan

Karakteristik penggunaan membedakan tampilan :
   - Portability (Portabilitas)
   - Privacy (Pribadi)
   - Saliency (Lebih menonjol)
   - Ubiquity (Ubikuitas)
   - Simultaneity (Secara serentak)

Display Technology
Small Display
Electronic Paper(E-paper)
    Merupakan sebuah Teknologi portable yang tampilannya hampir sama dengan kertas biasa, namun dapat di akses ribuan kali. Namun perbedaan dari E-paper dengan kertas biasa yaitu, e-paper dapat di gunakan untuk menulis berulang kali. Di mana e-paper dapat menerima inputan berupa tulisan dan dapat merefresh secara berkali-kali. Berbeda dengan kertas biasa yg hanya dapat di pakai sekali.

Electronic Ink(E-ink)
        Merupakan jenis lain dari Kertas elektronik yang di ciptakan oleh Joseph Jacobson pada tahun 1990. Tinta Elektronik memiliki Jaringan Elektrode yang terhubung pada pin(sirkuit) yaitu elektrode positif dan Negatif.

Braille Display
        Merupakan sejenis tulisan sentuh yang di gunakan oleh orang buta. Sistem ini pertama kali di ciptakan oleh Louise Braille yang berasal dari Prancis.

Large Display
Merupakan teknologi Display yang memiliki resolusi yang besar.

Heads Up and Helmet mounted display
Head Up(HUD) : Merupakan suatu tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengaharuskan pengguna melihat dari sudut pandangnya.

Perkembangan HUD sejauh ini sudah memiliki 4 Generasi yaitu :
1. Generasi ke 1 :
CRT( Cathode Ray Tube ) : Generasi ini menampilkan Gambar di layar fosfor.

Generasi ke 2:
LCD(Liquid Crystal Display) : Suatu media tampilan yang menyajikan gambar dengan cairan kristal.

3. Generasi ke 3 :
        Generasi Ketiga menggunakan system gelombang optic untuk memproduksi gambar.

4.Generasi ke 4 :
        Generasi ke empat dari Head Up display yaitu menggunakan sinar laser untuk menampilkan gambar. Contohnya : OLED(organik light-emitting diode).

 Head Mounted Display(HMD) : Merupakan perangkat Display yang di pakai di kepala atau sebagai bagian dari helm yang memiliki layar kecil optik di depan kedua mata.
  
3D Display : Merupakan teknologi display yang dapat menampilkan Grafis 3 Dimensi dengan bantuan kaca mata yang di desain khusus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar