Jumat, 13 Desember 2013

Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan - 8

Collaboration and Social Media Participation


Tujuan dari manusia melakukan kolaborasi :

a. manusia bisa puas dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas.

b. Kolaborasi terjadi bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan yang memiliki task yang spesifik
c. Mengetahui dan memahami proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita terhadap analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi dalam suatu sistem kolaborasi antar muka: 

  • Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadwalkan.
  • Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
  • Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan. 
  • Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis. 
  • Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan. 
  • Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online. 
  • Komunitas Online.
  • Kolaboratori.
  • Telepresence

Pengelompokan Sistem Kerja Sama

Matriks waktu-ruang untuk mengelompokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991):
Model waktu / ruang matriks kerja kelompok yang didukung

Asynchronous Distributed Interfaces

  • berbeda tempat,berbeda waktu 
    • Electronic mail:
      • can be too loosely structured 
      • sometimes overwhelming 
      • transient
      • Email on mobile devices 
      • Online directories 
      • Web services with E-mail 
      • tools :
        • filtering 
        • archiving 
        • mailing lists
        • discussion groups  
      • typically text-only, but increasingly includes other structured objects 
        • graphics 
        • sound
        • animations
        • web pointers
        • video

    • Tidak terlalu terstruktur 
    • Kadang tidak efektif / overwhelming
      • Tidak tetap / sementara  
      • Dilengkapi dari berbagai tools seperti filtering , archiving, milis, discussion group 
      • Biasanya terdiri atas text saja, namun bisa juga ditambahkan graphic, sound, animasi,video, link web sesuai kebutuhan 
  • tempat berbeda, watu sama 
    • Synchronous distributed 
      • applicationsgroup editing
      • shared screens for customer assistance
      • give demonstrations simultaneously at multiple sites 
      • allow sharing of information for various applications 
      • interactive games
    • Chat, instant messaging, and texting 
      • CHAT, Internet Relay Chat (IRC), and TALK 
      • Flamers 
      • MUDs 
      • Instant Messaging 
      • LOL etc. 
      • Twitter 
      • Texting and cell phones 
    • Audio and video conferencing 
      • videoconferencing
        • slow response times for entering and leaving session 
        • distracting background audio 
        • difficulty in determining who is speaking 
        • inadequate lighting 
        • difficulty in making eye contact 
        • changed social status  
        • issues of ownership and control 
        • private and public workspaces 
        • identity of participants 
        • location of actions 
        • care with updating  
  • Tempat sama, waktu sama
    • Innovative approaches to work and learning include:  
      • Shared display from lecturer workstation 
      • Audience response units 
      • Text-submission workstations
      • Brainstorming, voting, and ranking. 
      • Benefits of electronic meeting systems:  
        • Parallel communication promotes broader input into the meeting process and reduces the chance that a few people dominate the meeting.
        • Anonymity mitigates evaluation apprehension and conformance pressure, so that issues are discussed more candidly.  
        • The group memory constructed by participants enables them to pause and reflect on information and opinions of others during the meeting and serves as a permanent record of what occurred. 
        • Process structure helps focus the group on key issues and discourages irrelevant digressions and unproductive behaviors.  
        • Task support and structure provides information and approaches to analyze it.
      • File sharing
      • Shared workspace 
      • Group activities
      • Colab and Liveboard 
      • SMART Board
      • Public spaces facilitate sharing 
      • Sharing photos is very popular 
      • Notification systems 
    •  Electronic classrooms 
      • Active individual learning experiences include using software during class time to: 
        • Write essays in English or poems in a foreign language
        • Find antecedents of Impressionism in an art history library of 9000 images
    • Small teams and large teams 
    • Changes teaching style


Tidak ada komentar:

Posting Komentar