Theories (Teori)
Panduan bagi perancang tersedia dalam bentuk:
- Teori-teori tingkat tinggi sebagai kerangka kerja atau bahasa untuk membahas hal-hal tak tergantung aplikasi.
a. Explanatory theory: membantu dalam mengamati kelakuan, menggambarkan kegiatan, menghasilkan desain, membandingkan konsep tingkat tinggi beberapa perancangan, pelatihan.
b. Predictive theory : memungkinkan desainer membandingkan waktu eksekusi atau tingkat kesalahan dalam desain yang diusulkan.
- Prinsip-prinsip tingkat menengah yang berguna dalam membuat dan membandingkan alternatif desain.
- Pedoman-pedoman spesifik dan praktis yang memberikan pengingat tentang aturan-aturan berguna yang telah disingkapkan oleh perancang.
Four-Level Approach (Menurut Foley dan Van Dam) :
Top-down, descriptive theory yang membagi sistem interaktif menjadi beberapa tingkatan :
- Konseptual : model mental pemakai tentang sistem interaktif.
- Semantik : arti yang disampaikan oleh komputer I/O.
- Sintaktik : pembentukan satuan yang menyampaikan semantik.
- Leksikal : ketergantungan terhadap piranti dan mekanisme presisi.
Principles (Prinsip)
Jenis-jenis pemakai:
- Novice (first-time users)
Konsep tugas dan antarmuka dangkal, baru pertama kali menggunakan perangkat.
Perancangannya :
- Batasi jumlah pilihan
- Umpan balik yang informatif
- Manual dan tutorial online yang efektif
- Knowledgeable intermittent users
Konsep tugas stabil.
Konsep antarmuka luas namun sulit mengingat sintaktik.
Perancangannya :
- Struktur menu yang rapi
- Konsistensi
- Kejelasan antarmuka yang jelas
- Perlindungan dari bahaya karena eskplorasi fitur
- Expert frequent users.Terbiasa dengan konsep tugas dan antarmuka.
Ingin pekerjaan cepat selesai.
Perancangan :
- Makro
- Shortcuts
- Singkatan, dsb
Guidelines (Pedoman)
Perbedaan antara prinsip dasar dan pedoman yang lebih informal tidaklah tegas.
Beberapa contoh pedoman :
a. Pedoman data display
b. Pedoman untuk mengarahkan perhatian sang pengguna
c. Pedoman untuk data entry
5 Tujuan Tingkat Tinggi Data Display (Menurut Smith dan Mosier) :
- Konsistensi tampilan data.
- Asimilasi informasi yang efisien oleh pemakai.
- beban ingatan pemakai yang minimal.
- kompatibilitas tampilan data dengan pemasukan data.
- fleksibilitas kendali pemakai.
Pedoman untuk mengarahkan perhatian pengguna (Menurut Wickens dan Holland) :
- intensitas. gunakan dua tingkatan, dengan penggunaan intensitas tinggi hanya untuk menarik perhatian.
- penandaan. gunakan garis bawah, dll.
- ukuran. gunakan maksimal 4 ukuran, ukuran yang lebih besar biasanya lebih menarik perhatian.
- pemlihan font (jenis tulisan). gunakan maksimal 3 jenis font.
- blinking. gunakan secara terbatas.
- warna. gunakan maksimal 4 warna standar yang sesuai dan tidak mencolok mata.
- audio. gunakan nada lembut untuk feedback biasa dan nada keras untuk kondisi darurat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar